Perawatan Ibu Setelah Melahirkan 80

Proses melahirkan adalah hal penting yang patut mendapat perhatian spesial karena membawa resiko fatality. Baik proses persalinan maupun proses penyembuhan harus dilakukan dengan benar agar tidak terjadi komplikasi pada ibu dan bayinya.

Pada proses persalinan secara caesar, perawatan ibu setelah melahirkan memakan waktu lebih lama dibandingkan proses persalinan secara normal. Pada operasi caesar, seorang ibu umumnya menjalani rawat inap selama 2 hari atau lebih untuk memantau proses penyembuhan pasca operasi.

perawatan ibu setelah melahirkan]

Tips Penyembuhan Pasca Operasi Caesar

Agar proses penyembuhan pasca operasi caesar berlangsung cepat berikut beberapa tips yang membantu memulihkan kondisi ibu setelah melahirkan:

Memaksimalkan istirahat

Setelah operasi caesar umumnya sisa anestesi masih terasa. Badan dan organ bagian dalam terasa tidak nyaman. Anda tidak perlu khawatir, itu normal. Umumnya dokter meminta ibu untuk berbaring selama 24 jam setelah operasi atau jika ada tanda-tanda organ dalam berfungsi normal, biasanya berupa kentut.

Mengkonsumsi Makanan yang Tepat

Rumah sakit akan menyediakan makanan cair selama fase awal penyembuhan pasca operasi caesar. Sebaiknya ibu menghindari makanan padat.

Umumnya pada keesokan harinya, sang ibu sudah boleh makan makanan padat. Sebaiknya dipilih makanan yang tidak terlalu keras lebih dulu dan tidak merangsang produksi gas seperti kol dan ketela pohon, untuk menghindari sembelit.

Waktu yang tepat melepas infus

Tidak perlu buru-buru melepas infus, ikuti saja kata dokter. Infus akan dilepas begitu proses pencernaan sudah membaik. Biasanya infus dilepas minimal 12 jam setelah proses operasi dan tidak ada komplikasi pendarahan, panas atau infeksi.

Relaksasi

Perasaan rileks akan mempercepat proses penyembuhan. Keberadaan orang-orang yang disayangi di sekitar ibu akan mempercepat proses penyembuhan. untuk mengurangi rasa nyeri pada bekas luka jahitan bisa dilakukan dengan menarik nafas panjang dan menghembuskan secara perlahan pada saat nyeri muncul.

Sebaiknya ibu juga melakukan relaksasi berupa pergerakan memutar pada leher, bahu, lengan dan kaki.

Menyusui

Dalam posisi tidur, Anda dapat menyusui dengan cara Anda miring ke satu sisi dengan bayi dibaringkan di dada menghadap Anda. Hisapan bayi akan merangsang kontraksi rahim dan pemulihan akan lebih cepat.

Menjaga Kebersihan Tubuh

Selama perawatan pasca caesar, Anda akan dibantu tenaga kesehatan untuk kebutuhan mandi dan mengganti pembalut sesering mungkin. Bila Anda sudah dibolehkan jalan, Anda bisa melakukan perawatan tubuh secara mandiri dengan catatan balutan luka operasi sudah diganti dengan balutan yang tahan air. Bersihkan dengan waslap sekitar daerah perut. Hindari ke kamar mandi sendirian bila kesehatan Anda belum pulih total.

Mengkonsumsi Asupan Tinggi Kolagen

Proses penyembuhan bisa bervariasi di tiap ibu melahirkan tergantung daya tahan tubuh dan perawatan ibu setelah melahirkan. Umumnya 2 minggu setelah operasi badan sudah mulai enak dan bisa digunakan untuk aktivitas normal walaupun tidak segesit sebelum operasi.

Untuk mempercepat proses pengeringan luka operasi terutama bagian dalam direkomendasikan untuk mengkonsumsi asupan tinggi kolagen. Ekstrak Teripang adalah pilihan terbaik untuk mempercepat proses penyembuhan.

Ekstrak teripang yang 80% kandungannya adalah kolagen akan merangsang sistem imun tubuh dan mengembalikan daya tahan tubuh secara cepat. Kolagen juga akan meningkatkan kemampuan regenerasi sel yang berreaksi langsung di pusat luka operasi.

Umumnya luka akibat operasi caesar akan sembuh total dalam waktu enam bulan. Dengan mengkonsumsi Jelly Gamat Gold G yang merupakan ekstrak teripang murni, seorang ibu yang menjalani perawatan ibu setelah melahirkan akan mampu beraktivitas normal 1 minggu setelah operasi. Dan luka akibat operasi akan sembuh total kurang dari 3 bulan setelah operasi.

Operasi Caear adalah operasi besar dengan resiko kecil. Anda tidak perlu takut. Yang penting lakukan perawatan ibu setelah melahirkan dengan benar. Maka semua akan baik-baik saja.

80 thoughts on “Perawatan Ibu Setelah Melahirkan

  1. Reply Siska Cihimoe Okt 14,2013 14:17

    emg bener sh,,,tp klo dh punya baby slt skali tk istrahat,,,tp tips yg bagus,,,,,,,,,

  2. Reply Siska Cihimoe Okt 14,2013 14:18

    tp ko aku slalu ngerasi ngilu trs y dperut bgian bawah,,,,gendong baby j suka sakit,,,klo ksenggol,,,,,,,,,mgkn bener trgntung fisik y,

    • Reply kesehatan Okt 15,2013 14:52

      mungkin memang benar masih ada bagian yang belum 100% sembuh, kalau dibiarkan bisa berpotensi infeksi ke organ dalam lainnya.

  3. Reply Tyo Agung Wardhoyo Okt 15,2013 14:58

    terima kasih, semoga luka bekas operasinya cepat sembuh bu

  4. Reply Wahyueq Stikessyekhyusufgowa Loveislamforever Des 22,2013 09:16

    low selesai operasi sesar memang btuh waktu yang ckup lama untuk pulih kembali.

    • Reply ObatHerbal Des 23,2013 13:08

      reaksi penyembuhan tiap orang berbeda-beda, kebanyakan operasi cesar sudah diperbolehkan pulang setelah 3 hari. namun penyembuhan secara total (kering) bisa berlangsung sampai 3 bulan tanpa suplemen. selama jahitan belum kering total, kemungkinan infeksi lebih besar.

  5. Reply Wahyueq Stikessyekhyusufgowa Loveislamforever Des 28,2013 23:33

    Sembuh Cepat dengan Pengobatan Alternatif Herbal Alami oh ya kalau misalkan ibu yang pasca operasi lantas hamil lagi tpi blum lma stelah slesai operasi apakah bisa melhrkan scra normal?
    dan apakah tdk akan berdmpak pada organ reproduksi Ibunya?

    • Reply ObatHerbal Des 29,2013 15:44

      hamil sebelum luka caesar sembuh sangat berbahaya, umumnya dokter menerangkan hal itu. Jika sudah sembuh tetapi masih dibawah 3 tahun (berbeda-beda tiap orang tergantung kondisi jahitan) biasanya kelahiran kembali caesar. Diatas itu luka operasi sudah bisa dianggap kuat dan bisa melahirkan normal jika tidak ada komplikasi.

  6. Reply Mukhrita Hendri Feb 7,2014 03:41

    Dimana sih bisa membeli jelly gamad Gold

    • Reply ObatHerbal Feb 9,2014 03:20

      silakan hubungi customer service, nomor ada disamping kanan.
      kami mengirim ke seluruh indonesia.

  7. Reply Manullang Margana Mar 5,2014 02:30

    Pasca caesar…sulit istirahat..harus siap tipa saat si bayi minta asi…dan ganti popok…

  8. Reply Manullang Margana Mar 6,2014 09:27

    Umur anak saya 6 hari. .Sesudah recovery di rs.3 hari..istri dan anak saya boleh pulang…
    Dan kembali kontrol 2 hari lagi.sejak tgl pulang dr rs…

  9. Reply Sembuh Cepat dengan Pengobatan Alternatif Herbal Alami Mar 6,2014 22:38

    alhamdulillah, selamat atas proses penyembuhan yang cepat

  10. Reply Bunda Exel Mei 8,2014 06:14

    sudah 20 hr pasca caesar…..luka msh terasa nyeri.dan masih sulit BAB,,, padahal sdh mengkonsumsi banyak sayur????

  11. Reply Sembuh Cepat dengan Pengobatan Alternatif Herbal Alami Mei 9,2014 20:34

    Bunda Exel
    sebaiknya dibantu dengan jelly gamat biar lebih cepat sembuhnya.

  12. Reply Yani Susilodewi Jun 3,2014 04:23

    Anak saya umur 3 bln pascA caesar tp badan saya kok masih trasa nyeri terutama bagian punggung dan jari2 tangan knp ya?

    • Reply ObatHerbal Jun 3,2014 22:17

      keadaan seperti itu dikarenakan masih belum sembuh secara total, ada bagian dalam yang masih belum kering, bahkan mungkin ada infeksi ringan. gunakan jelly gamat untuk memperkuat sistem imun tubuh dan mempercepat penyembuhan luka dalam.

  13. Reply Sembuh Cepat dengan Pengobatan Alternatif Herbal Alami Jun 3,2014 22:18

    keadaan seperti itu dikarenakan masih belum sembuh secara total, ada bagian dalam yang masih belum kering, bahkan mungkin ada infeksi ringan. gunakan jelly gamat untuk memperkuat sistem imun tubuh dan mempercepat penyembuhan luka dalam.

  14. Reply Bustan Jul 24,2014 14:17

    Gimana cara ngedapetin gamma jely?

  15. Reply Nunik Handayani Sep 18,2014 02:00

    Anak sy umur 1.5bln pasca operasi caesar…tp knp bekas jahitan sy muncul luka dan bengkak bernanah…sy hrs gmana

    • Reply ObatHerbal Sep 20,2014 23:56

      bengkak dan bernanah adalah tanda infeksi, gunakan jelly gamat untuk mempercepat penyembuhan luka pasca operasi. bisa juga digabung dengan pengobatan medis menggunakan antibiotik level rendah atau pengobatan tradisional seperti yang dianjurkan bapak thobib

  16. Reply Thobib Sep 19,2014 09:19

    Mba nunik seperti yg dialami istri saya, istri saya aku bawa ke bidan dan bidan menyarankan agar luka bengkak dan bernanah diperban, sebelum diperban bengkak bernanah dibersihkan dahulu pke revanol dan yg bengkak bernanah dipencet" agar nanahnya keluar, dan perbannya dikasih betadin. Diimbangin makan telur sehari 2/3 butir. Cepet sembuh ya mba.

    • Reply ObatHerbal Sep 20,2014 23:45

      bengkak dan bernanah adalah tanda infeksi, gunakan jelly gamat untuk mempercepat penyembuhan luka pasca operasi. bisa juga digabung dengan pengobatan medis menggunakan antibiotik level rendah atau pengobatan tradisional seperti yang dianjurkan bapak thobib

  17. Reply Thobib Sep 19,2014 09:19

    Mba nunik seperti yg dialami istri saya, istri saya aku bawa ke bidan dan bidan menyarankan agar luka bengkak dan bernanah diperban, sebelum diperban bengkak bernanah dibersihkan dahulu pke revanol dan yg bengkak bernanah dipencet" agar nanahnya keluar, dan perbannya dikasih betadin. Diimbangin makan telur sehari 2/3 butir. Cepet sembuh ya mba.

    • Reply ObatHerbal Sep 20,2014 23:45

      terima kasih tips menyembuhkan luka pasca operasinya pak thobib, semoga pembaca bisa terbantu

  18. Reply Sembuh Cepat dengan Pengobatan Alternatif Herbal Alami Sep 20,2014 23:44

    bengkak dan bernanah adalah tanda infeksi, gunakan jelly gamat untuk mempercepat penyembuhan luka pasca operasi. bisa juga digabung dengan pengobatan medis menggunakan antibiotik level rendah atau pengobatan tradisional seperti yang dianjurkan bapak thobib

  19. Reply eny nur cahya rini Sep 29,2014 07:43

    Saya mw tny klo hbiz operasi caesar blm kentut tp sudah minum ap efekny?

    • Reply ObatHerbal Sep 30,2014 21:14

      kentut adalah gejala yang muncul saat organ dalam sudah mulai normal. beberapa kasus kecil tidak terjadi kentut dalam jangka dekat. Selama dokter sudah menyatakan metabolisme tidak bermasalah berarti tidak apa2.

  20. Reply Nur Fathia Okt 8,2014 02:38

    Gmn cara pembayaranya…

  21. Reply Dinda Satari Des 11,2014 17:48

    Saya sudah hampir 1 tahun setelah slesai sesar,tapi masih terasa ngiilu kadang suka sakit,itu knpa ya??

    • Reply ObatHerbal Apr 6,2015 22:26

      berarti masih ada sedikit infeksi dalam yang belum sembuh, sebaiknya segera diobati biar cepat kering dan tidak jadi sumber penyakit

  22. Reply Ajieb Buangetz Jan 9,2015 13:23

    Istri saya baru operasi caesar…dan stelah 5hr di rmh luka istri sya keluar nanah….dan sa'at it jga sya bwa lg ke rs..
    Stlah 6 hr di rs istri sya bwa pulang paksa krna dia sudh tdak merasa skt sma sekali…
    Ea mskpun msh keluar nanah dkit'' dan luka jhtannya belun bsa ntup.
    Dan sekarang sya rawat sndri di rmh dngan gold g.
    Saya cman pngen tanya gmana cra perwtanya yg benar agar istri sya bsa cpet smbuh.
    Tank's.

  23. Reply Chicy Dudin Jan 14,2015 20:07

    Aku baru selesai operasi caesar dan ini hari ke 27. ketika hari ke 21 di bekas operasi sy keluar darah kehitaman sampai skrg. aku mohon solusinya?!
    cara pesan jelly gamat gimana?
    apakah d sulawesi tengah ada stokisnya?

    • Reply ObatHerbal Apr 6,2015 13:56

      kami mengirim ke sulawei tengah 2 hari sampai, sebaiknya segera bawa ke dokter lagi jika memungkinkan, itu tanda-tanda infeksi lanjutan

  24. Reply Lovely Boncel Mita Apr 3,2015 13:31

    Aqw habis oprasi secar bulan mei anakq bulan november meningal dunia coz kejang.aqw positif torch anakq juga.46hari selepas secar aqw kok sulit haid kenapa?bingung bnget kasih solusinya dong.mkasih

    • Reply ObatHerbal Apr 5,2015 22:04

      tidak ada hubungan haid dengan cesat, kemungkinan ibu stress dan itu yang mengganggu haid. turut berduka cita bu.

  25. Reply Sembuh Cepat dengan Pengobatan Alternatif Herbal Alami Apr 5,2015 21:55

    selama tidak ada kelainan pada bagian indung telur ibu pasti bisa hamil lagi. untuk keinginan melahirkan secara normal biasanya perlu 2 tahun setelah proses cesar. Jika ibu hamil sebelum waktu itu, kemungkinan besar akan cesar lagi. Namun semua tergantung kondisi jahitan ibu saat itu.

  26. Reply Sembuh Cepat dengan Pengobatan Alternatif Herbal Alami Apr 5,2015 21:56

    berarti masih ada infeksi tinggalan akibat proses cesar, gunakan jelly gamat untuk mempercepat keringnya luka

  27. Reply Sembuh Cepat dengan Pengobatan Alternatif Herbal Alami Apr 5,2015 21:59

    infeksi setelah operasi cesar memang wajar terjadi, namun jika sampai keluar nanah berarti kemampuan tubuh untuk melawan infeksi kurang. penggunaan jelly gamat sudah tepat, obat dokter jangan ditinggalkan supaya penyembuhan lebih cepat. makan teratur dengan gizi yang cukup adalah keharusan. minum 2 liter per hari juga keharusan. pastikan jelly gamat asli.

  28. Reply Sembuh Cepat dengan Pengobatan Alternatif Herbal Alami Apr 5,2015 22:00

    itu tanda infeksi, penggunaan jelly gamat akan mempercepat penyembuhan. kami mengirim ke sulawesi tengah dengan 2 hari sampai.

  29. Reply Sembuh Cepat dengan Pengobatan Alternatif Herbal Alami Apr 5,2015 22:02

    tidak ada hubungan antara cesar dengan gangguan haid, ada kemungkinan ibu masih terbawa kesedihan dan terpikir oleh musibah yang terjadi. hal itu yang mengganggu haid ibu. jangan terlalu risau, kerisauan itu akan mengganggu metabolisme tubuh. saya turut berduka cita.

  30. Reply Indrawati Mei 3,2015 15:15

    Saya melahirkan scara cecar 6 minggu yg lalu, saya konsumsi jelly gamat gold G pada minggu ke 3 pasca operasi. Saya ga minum langsung, melainkan sy campur 1 sndok makan dengan air putih hangat, diaduk, br sy minum, 3 x sehari (cara seperti ini boleh tidak?) Selain minum sy juga oles ke luka bekas operasi itu. Yg mau sy tanyakan adalah, knapa baru skarang sy merasa nyeri d perut sblah kanan, pdahal sblumnya tidak, padahal klo dilihat luka yg diluar udah kering. Kira” brapa lama dn brapa botol gold G harus dikonsumsi spy lukanya kering luar dalam?

    • Reply ObatHerbal Mei 28,2015 21:51

      cara seperti itu boleh saja bu, jelly gamat TIDAK BOLEH dioleskan karena menyebabkan infeksi. hati2 dengan penjual palsu.

  31. Reply Indrawati Mei 3,2015 15:20

    Saya melahirkan scara cecar 6 minggu yg lalu, saya konsumsi jelly gamat gold G pada minggu ke 3 pasca operasi. Saya ga minum langsung, melainkan sy campur 1 sndok makan dengan air putih hangat, diaduk, br sy minum, 3 x sehari (cara seperti ini boleh tidak?) Selain minum sy juga oles ke luka bekas operasi itu. Yg mau sy tanyakan adalah, knapa baru skarang sy merasa nyeri d perut sblah kanan, pdahal sblumnya tidak, padahal klo dilihat luka yg diluar udah kering. Kira” brapa lama dn brapa botol gold G harus dikonsumsi spy lukanya kering luar dalam? Tolong dijawab yah, trimakasih

  32. Reply rini agustin Jun 14,2015 07:55

    sudah dapat 2 hari perut tepat bekas operasi cesar bagian dalam sakit klo dibuat jalan,padahal sudah dapat 2th 4bulan saya operasi cesar.trima kasih atas bantuannya

    • Reply ObatHerbal Mar 30,2016 20:35

      kemungkinan ada luka yang belum sembuh bu, sebaiknya segera diobati sebelum tambahn parah

  33. Reply Pheenthieel Jun 17,2015 09:40

    Mau tanya nih, saya kmrn secar umur anak saya Skrg 4bln tp jahitan saya kok gak sembuh2 yaa kdg malah kebuka dikit jd trsa perih sya ksh perban anti air itu nutup sndr lg dlm wktu 2mingguan itu knpa ya

    • Reply ObatHerbal Mar 29,2016 22:24

      mungkin ibu terlalu aktif sehingga penyembuhan sedikit terhambat, sebaiknya dibantu dengan jelly gamat biar lebih cepat kering.

  34. Reply tika Jul 4,2015 18:36

    Saya sudah hampir 1 tahun pasca oprasi,tetapi kenapa kadang suka nyeri ya?trus di pinggang juga rasanya pegel…itu kenapa ya?

    • Reply ObatHerbal Mar 21,2016 14:41

      olah raga ringan seperti jalan kaki sebaiknya dilakukan untuk menormalkan urat2 di daerah operasi, minum jelly gamat supaya lekas kering

  35. Reply Woroajie Ajie Agu 8,2015 17:56

    Kira2 berapa lama akan sembuh total bekas operasi tersebut

  36. Reply bundax giandra Sep 3,2015 01:26

    saya baru saja habis operasi cecar 3minggu lalu.alhamdulillah luka bekas operasinya sudah kering.karena saya rutin konsumsi ikan gabus

  37. Reply bundax giandra Sep 3,2015 01:26

    saya baru saja habis operasi cecar 3minggu lalu.alhamdulillah luka bekas operasinya sudah kering.karena saya rutin komsumsi ikan gabus

  38. Reply Anthy Adit Des 3,2015 04:58

    z sdh hampir 4 thn bis caesar tpi terkadng luka nya msi trs sakit…. z bingung, kira2 ap solusix yach…………????????

  39. Reply restunovita Mar 3,2016 02:53

    Saya hbs operasi ceasar sdh hampir 3 minggu pas control jahitan sdh dantidak merasakan nyeri tp setelah hbs control luka jahitan dlm baru merasakan nyeri apa blh komsumsi jelly gamat dibarengi dng obat dokter seperti anti nyeri

  40. Reply vieliandya Jun 10,2016 14:00

    saya baru saja bis operasi sesar 2 minggu yg lalu..pas kontrol buka plester anti air..katanya ud kering tp knp pas ud di buka plesternya beberapa hari ini perut sebelah kiri sakit ya.jln aja terasa sakit

    • Reply ObatHerbal Jun 18,2016 14:31

      mugkin bagian luar sudah kering namun bagian dalam masih ada yang belum sembuh secara total, silakan minum jelly gamat untuk mempercepat sembuhnya luka

      • Reply Herlin Mar 24,2017 21:04

        Saya oprsi secaer udah 3bln ,tpi bdn saya kurang vit,knp ya?

        • Reply ObatHerbal Mar 25,2017 04:04

          bisa jadi masih ada infeksi didalam sehingga tubuh fokus pada pembentukan sel darah putih untuk mengatasi infeksi, biasanya tanda-tandanya selain lesu, badan juga agak hangat.

  41. Reply Ajenk Sep 26,2016 15:25

    Saat saya operasi caesar anak pertama, seorang teman memberikan saya gold G. Alhamdulillah sangat berasa khasiat nya. Dan ini adalah 20 hari pasca saya kembali operasi caesar. Tak lupa juga mempersiapkan jelly gamat gold G , begitu habis bius langsung komsumsi gold G. Dan alhamdulillah banyak yang bilang saya terlihat begitu sehat dan sudah bisa melakukan semua aktifitas rumah tangga seperti biasa. Jelly gamat gold G Recomended sekaliiii

  42. Reply evi Jan 29,2017 04:48

    Aku habis operasi cessar selama 2 minggu knapa kok belum tetasa gatal2,. Kata orang2 terasa gatal itu tandanya kering benarkah itu

    • Reply ObatHerbal Jan 29,2017 07:44

      gatal-gatal memang tanda proses pengeringan tetapi tidak terjadi pada semua orang, jika bekas luka ibu tidak gatal dan tidak nyeri sebaiknya ibu bersyukur, itu berarti zat pembeku darah bekerja dengan sangat baik diikuti dengan pembentukan sel-sel tubuh yang sangat baik. Namun sebaiknya ibu tetap menjaga diri dari pekerjaan yang berat.

      semoga lekas sembuh bu.

Leave a Reply